Singkatan;IKRAR (Ikatan Kebajikan Rakyat)
"REFORMIS BUKAN HANYA GELARAN ATAU PEJUANG YANG BERJUANG KERANA MENGHARAPKANNYA!"
6 OGOS
Saya tidak mahu komen awalnya soal bercakarnya beberapa pimpinan PR tetapi semakin hari semakin asyik pula kita menjadi penonton gelagat ini. Saya cuba bentangkan di sini agar para pimpinan PR dapat merenungnya secara adil dan jujur!!. Sdr sdri yang ada waktu mari kita bahas secara santai hal ini:
1. Saya suka merujuk buku Sun Tzu atau Sun Tze dalam mengadaptasi strategi dan menghadam strategi bukan bermakna saya menolak sumber atentik yang lain. Jika kita analisa bagaimana Dinasti Ming dapat bertahan begitu lama, panjang dan tidak pernah kalah dalam peperangan terletak pada satu kunci iaitu wujudnya pemikiran strategi di kalangan pimpinan mereka. Pemikiran ini diacu oleh kefahaman dan kesedaran tentang falsafah "win without war" dari seorang arkitek strategi perang Sun Tzu. Falsafah sahaja mungkin tidak cukup jika ianya tidak diamalkan dengan penuh disiplin. Saya sarankan agar seluruh pimpinan PR membaca dan menganalisa buku-buku Sun Tzu dengan teliti. Saya yakin proses penyatuan bukan semudah bibir berkata-kata tetapi ianya adalah kemestian dalam perjuangan. Tanpa proses ini perjuangan akan mudah dimasuki anasir jahat dan mungkin juga ada anggota yang sedang mabuk dilambung ombak.
2. Saya juga ingin menyeru pimpinan PR merujuk sebanyak mungkin buku-buku Ikhwan Muslimin tentang fiqh perjuangan yang mereka nukilkan dari hati dan amal mereka selama puluhan tahun. Saya bukan menolak sumber lain tetapi alangkah baiknya jika contoh perjuangan mereka yang ulit, rapi, teratur,jeli,disiplin sehingga jaringan perjuangan mereka merupakan jaringan terbesar di dunia saat ini sejak kejatuhan Khilafah Islamiah di Turki. Apakah faktur keberhasilannya dan agenda perjuangannya? Sekali lagi saya bukan menafikan hasil dari gerakan perjuangan yang lain bahkan beberapa tokoh dalam PR amat arif hal ini. Cuma mungkin kita belum dapat meresapkan nilai-nilai keberhasilan ini dalam gerakerja yang realiti.
3. Saya ingin mengingatkan para pendokong PR agar menarik nafas panjang dan melihat ke warna hijau di gunung atau bukit atau ke tepi laut melihat kebiruan lautan. Betapa luasnya alam ini dan betapa jauhnya titik untuk kita semua berlabuh. Perjuangan yang kita semua harungi ini adalah sebuah lakaran sejarah yang kita sendiri melukisnya. Alangkah baiknya jika lakaran yang kita buat bersama difahami dan dihormati bersama sehingga kejayaan dapat kita rasakan nanti. Berpecah, bercakaran, terikut tarian dari gendang musuh, melupakan disiplin perjuangan, lagho, lali dan lalai akan menyebabkan PRU 13 dirampas semula oleh musuh kita semua. Sekarang kita berkumpul secara aman ditembak gas..apa akan jadi jika PRU 13 di Parlimen PR hanya tinggal 10 orang YB? Jangan ingat gas yang disembur lebih dari itu mereka boleh lakukan!!! Saya tidak bertujuan menghasut sesiapa tetapi tolonglah faham realiti ini!!
4. Para YB PR saudara semua adalah dambaan rakyat. Masa depan dan nasib rakyat ada di tangan sdr semua!! Jika sdr semua asyik mabuk bercakaran maka nantikanlah masa akan tiba kehinaan demi kehinaan akan tiba. Masa itu gelaran yang dimiliki hasil dari kepercayaan rakyat dalam PRU 12 akan hilang ditelan hingar bingarnya suara anda bercakaran. Tolong hentikan segera kedunguan idea, kelesuan cara, kebiadapan intelek, kerendahan budi dan berdamailah segera!! Ingat masa sebelum ada gelaran, semasa berarak menuntut keadilan, semasa bersusah payah melawan musuh dan meraih simpati rakyat. Cairkan ego jawatan dan tempa komitmen baru sehingga masa depan rakyat benar-benar terbela dari tangan-tangan sdr semua!!
5. Para pejuang PR, jangan sekali-kali menyerahkan peluru ke tangan musuh sekalipun janji manis yang mereka tawarkan sehingga dunia ini dapat dibeli tetapi beristiqamahlah!! Tahan amarah sdr semua demi maslahat umat secara keseluruhan!! Fitnah akan berakhir jika kita dapat bersabar dan bertenang seketika!! Berdialoglah dengan mereka yang tidak faham dengan perjuangan kita dan berilah mereka peluang untuk ikhlas memohon maaf!! Mereka akan tunduk kepada kebenaran jika cara kita memberi ruang untuk mereka memahaminya!! Semoga Allah menerima amal kita semua dan menjauhkan kita dari kemusnahan akibat dari tangan kita sendiri.
Saya bersetuju dengan kenyataan Mahfuz..
Displinkan pemimpin Pakatan Rakyat, elak imej tercalar
Azamin Amin Thu | Aug 06, 09 | 9:20:48 am MYT | |
KUALA LUMPUR, 6 Ogos (Hrkh) - Parti-parti komponen Pakatan Rakyat terdiri daripada PAS, KeADILan dan DAP mestilah mendisplin pemimpin masing-masing, supaya sebarang tindakan dan kenyataan tidak melampaui batas sehingga menjejaskan imej baik yang ada di mata rakyat, sekaligus mencalarkan dan memberi kesempatan kepada musuh untuk merosakkan hubungan baik yang sedia ada Ini termasuk juga Ketua Menteri dan Menteri Besar Pakatan Rakyat yang mesti berperanan dalam hal yang sama supaya exco dan pegawai masing-masing dalam mengurus tadbir akan memberi gambaran postif kerajaan negeri masing-masing. Demikian pandangan Naib Presiden PAS Dato' Mahfuz Omar dalam mengulas tindakan dan kenyataan kontroversi Ahli Parlimen Jelutong Jeff Ooi dan Exco Kerajaan Tempatan Selangor Ronnie Liu mutakhir ini. "Pengajaran di sini ialah, pemimpin Pakatan Rakyat tidak boleh melihat kepentingan sebelah pihak sahaja dengan mengabaikan yang lain kerana kita hidup berbilang bangsa dan undi kita juga datangnya daripada orang Islam dan bukan Islam. "Justeru, sebarang ketidakpuasan hati, berbincang dengan baik dan bukannya bercakap di luar, sehingga memberi gambaran yang buruk dan salah kepada Pakatan Rakyat," katanya ketika dihubungi Harakahdaily sebentar tadi. Beliau merujuk kepada insiden yang berlaku di Kedah berkaitan isu pusat penyembelihan babi yang akhirnya dapat diselesaikan dengan baik di meja rundingan. "Jangan emosi dan terburu-buru dalam bertindak hingga mencetuskan rasa kurang senang pihak lain. Berhati-hati keluar kenyataan. Ada saluran perbincangan baik di dalam parti mahupun kerajaan negeri," katanya yang juga Ahli Parlimen Pokok Sena. Dalam pada itu, Mahfuz berkata terpulang kepada DAP untuk mengambil tindakan sewajarnya sama ada melalui jawatankuasa displin atau kaedah yang lain dalam menangani dua anggotanya yang telah mencetuskan isu hangat baru-baru ini. "PAS juga ada jawatankuasa displin, jika pemimpinnya tersasar. Itu terpulanglah kepada DAP nak buat macam mana, itu urusan dialah," katanya. Beliau tidak menolak kemungkinan isu itu akan dibangkitkan dan dibincangkan dalam pertemuan para pemimpin Majlis Pakatan Rakyat, namun yakin kebijaksanaan kerajaan negeri mengatasi masalah tersebut. "Kita kena tengok sejauh mana peringkat negeri selesaikan. Saya percaya kerajaan negeri lebih arif hal masing-masing dan boleh diselesaikan seperti isu di Kedah tempoh hari. "Dan bukan isu ini sahaja, setiap kali pemimpin Pakatan Rakyat bertemu, masing-masing sering mengingat antara satu sama lain batas-batas dan sensitiviti rakyat yang perlu dijaga," katanya yang kini berada di Kedah. - azm_ |
Fikih Al-Banna dan Sikap terhadap Hukum Manusia
Monday, 20/04/2009 15:41 WIBHasan Al-Banna meyakini bahwa hukum ciptaan manusia yang menyalahi aturan-aturan syariah termasuk dalam kategori hukum yang batil, sehingga seorang Muslim dilarang mempraktikkan, menyelesaikan masalah hukum, berpedoman serta loyal terhadap hukum semacam itu.
Dari Buku: Fikih Politik Menurut Imam Hasan Al-Banna.
Penulis: Dr. Muhammad Abdul Qadir Abu Faris.
Fiqih Al-Banna Dalam Mencegah Kemungkaran Dengan Kekuatan
Beliau menilai bahwa mencegah kemung¬karan dengan tangan (kekuatan), lidah maupun hati merupakan sebuah keniscayaan. Sikap ini tertera dalam sebuah hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dengan sanad Abi Sa’id Al-Khudry ra. ia berkata, Ra¬sulullah SHALLALLAAHU ALAIHI WASALLAM bersabda:
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِن لَّمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِن لَّمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْمَانِ
Artinya: siapapun di antara kamu yang melihat kemungkaran, maka hendaklah dia merubah kemungkaran tersebut dengan tangan, jika tidak sanggup merubah dengan tangannya, hendaklah dia rubah dengan lidah dan jika masih tidak sanggup, hendaklah ia rubah dengan hati. Dan itulah iman yang paling lemah. (HR Imam Muslim)
Sebagai wujud nyata dari pengamalan hadits di atas, semenjak kecil Imam Hasan Al-Banna sering terlibat dalam melakukan upaya mengubah kemungkaran maupun kemaksiatan yang terjadi di tengah masyarakat dengan menggunakan media lidah, hingga akhirnya Beliau mendirikan jamaah Ikhwanul Muslimin.
Sementara pandangan Beliau tentang metode mengubah kemungkaran dengan tangan, seperti penghancuran cafe-cafe minuman keras dan pusat-pusat kemaksiatan lain yang jelas-jelas bertentangan dengan hukum syari’at, maka Beliau berpendapat bahwa pemerintah bertanggung jawab menjaga dan meng-hormati perasaan umat Islam dengan tidak mengeluarkan surat izin pembangunan tempat-tempat maksiat seperti: cafe-cafe minuman keras dan tempat-tempat makisat lainnya. Bila pemerintah sempat mengeluarkan surat izin pembangunan tempat-tempat semacam itu, maka pemerintah sendiri yang akan bertanggung jawab penuh jika di kemudian hari nanti ada penghancuran dan penyerangan dari warga yang bukan dari jamaah Ikhwanul Muslimin. Oleh karenanya, pemerintah mesti mengeluarkan perundang-undangan yang melarang pembangunan tempat-tempat tersebut.
Dan terbukti pada masa Beliau, terjadi penyerangan dan penghancuran tempat-tempat maksiat yang dilakukan oleh salah satu kelompok pemuda Mesir. Menanggapi peristiwa tersebut, Imam Hasan Al-Banna menyatakan posisi Ikhwan sebagai berikut: “Sesungguhnya tak satupun di antara mereka yang memiliki spirit agama yang berkeinginan melihat satupun tempat lokalisasi dibangun di tanah Mesir ini. Sebelum peristiwa ini, Ikhwan sendiri telah melayangkan surat kepada pemerintah yang berisi tentang konsekwensi yang akan ditanggung pemerintah jika tidak memperhatikan tempat-tempat tersebut. Karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap persoalan itu membuat masyarakat menjadi risih dan tidak tenang. Sayangnya, pemerintah tidak mau mendengarkan ungkapan yang bersumber dari jiwa-jiwa yang ingin menegakkan kesucian Islam dan kebanggaan terhadap ajaran-ajaran Islam. Ada pepatah lama yang mengatakan: “Sebelum Anda menyuruh anak kecil supaya berhenti dari tangisannya, selayaknya Anda terlebih dahulu meminta orang yang memukul anak kecil tersebut agar menjatuhkan tongkatnya”.
Ikhwan sendiri meyakini bahwa penentangan kebijakan pemerintah dengan cara-cara kekerasan dan anarkis seperti kejadian di atas, merupakan cara-cara yang tidak tepat waktu, karena kita mesti memilih dan menimbang waktu yang paling tepat atau mungkin dengan cara-cara lain yang lebih bijaksana dan tentu-nya dengan dampak negatif yang dapat diminimalisir serta lebih menggugah perhatian aparat-aparat pemerintahan terhadap kewajiban-kewajiban mereka sebagai Muslim. Dan kenyataannya, pelaku penghancuran yang telah tertangkap tidak pula mau mengakui perbuatannya. Ikhwanul Muslimin telah melayangkan surat kepada menteri kehakiman agar secara serius membahas persoalan itu dan segera mengeluarkan kebijakan dan perundang-undangan yang akan menyelamatkan anak bangsa dari dekadensi moral .
Imam Hasan Al-Banna menilai bahwa pembangunan pusat-pusat lokalisasi maksiat merupakan kemungkaran dalam pandangan hukum Islam. Oleh karenanya pemerintah telah dianggap berbuat mungkar bila terbukti mengeluarkan surat izin pembangunan lokalisasi tersebut. Sementara itu Imam Hasan Al-Banna juga menilai bahwa para pelaku penghancuran tempat-tempat kemaksiatan tersebut melakukan hal tersebut karena kecemburuan (ghirah) karena nilai-nilai agama dikesampingkan serta dalam rangka merubah kemaksiatan dan kemungkaran. Hanya saja menurut Beliau, waktunya yang tidak tepat bila harus menentang pemerintah dan menghancurkan tempat-tempat tersebut secara frontal dan dengan kekuatan.
Sikap terhadap Hukum Ciptaan Manusia dan Pengadilan Negeri
Mereka yang sering mengamati wacana dan pemikiran Imam Hasan Al-Banna yang tertuang dalam tulisan-tulisannya menyangkut persoalan di atas akan mengerti bahwa Beliau merupakan seorang yang memahami dan sering mengkaji maupun menganalisa substansi dari hukum ciptaan manusia yang berlaku, maa mereka niscaya akan berkesimpulan bahwa wawasan dan pengetahuan Imam Hasan Al-Banna dalam ranah ini sangat luas sekali. Di samping itu, Beliau juga menerangkan bagaimana pandangan Islam terhadap penerapan hukum (undang-undang) ciptaan manusia serta pandangan Islam terhadap pengajuan dan penyelesaian masalah-masalah hukum ke pengadilan-pengadilan negeri yang notabene menerapkan hukum ciptaan manusia tersebut.
Beliau meyakini bahwa hukum ciptaan manusia yang menyalahi aturan-aturan syariah termasuk dalam kategori hukum yang batil, sehingga seorang Muslim dilarang mempraktikkan, menyelesaikan masalah hukum, berpedoman serta loyal terhadap hukum semacam itu. Imam Hasan Al-Banna mengatakan: “Sungguh ironis dan tidak logis sekali bila hukum dan perundang-undangan yang berlaku di tengah-tengah umat Islam sangat bertentangan dan kontradiktif dengan ajaran-ajaran agama Islam, hukum Al-Qur`an dan petunjuk-petunjuk sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SHALLALLAAHU ALAIHI WASALLAM. Padahal Allah Ta’ala telah mengingatkan Rasulullah SHALLALLAAHU ALAIHI WASALLAM tentang masalah itu sebelumnya. Allah berfirman dalam Qur’an Surah. Al-Maidah 49-50:
(وَأَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَنْ يَفْتِنُوكَ عَنْ بَعْضِ مَا أَنْزَلَ اللهُ إِلَيْكَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيْدُ اللهُ أَنْ يُصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ وَإِنَّ كَثِيْراً مِنَ النَّاسِ لَفَاسِقُوْنَ، أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُوْنَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللهِ حُكْماً لِقَوْمٍ يُوْقِنُوْنَ) [المائدة: 49-50]
Artinya: “Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik. Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin”.
Ayat ini didahului oleh firman Allah dalam Qur’an surah Al-Maidah 44:
(وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُوْنَ)
Artinya: Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.
Dan setelah ayat ini terdapat pula dua ayat yang menerangkan bahwa siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang zhalim dan orang-orang fasiq.
Lalu bagaimana mungkin seorang Muslim yang benar-benar beriman kepada Allah SUBHANAHU WATA’ALA dan percaya kepada Al-Qur`an bila mereka mendengarkan ayat-ayat yang sudah sangat jelas, hadits-hadits dan semua hukum yang terkait dengan masalah ini, lantas berhukum dengan perundang-undangan yang bertentangan dengannya? Itu artinya, bila Allah SUBHANAHU WATA’ALA telah mengharamkan zina, melarang praktik-prakik ribawi, tidak melegitimasi minuman keras serta memerangi perjudian dengan segala jenisnya, lantas kemudian ada undang-undang yang melindungi para pelaku zina, mengharuskan sistem riba, membolehkan minuman keras serta melegitimasi perjudian. Jadi, bagaimanakah Muslim menyikapi dua fenomena tersebut?!
Ikhwanul Muslimin secara tegas menyatakan penolakan terhadap undang-undang ini dan berjuang dengan segala daya upaya supaya undang-undang tersebut digantikan posisinya oleh hukum syari’at Islam yang berkeadilan. Adapun pengadilan-pengadilan yang mengaplikasikan dan menjalankan hukum tersebut, Imam Hasan Al-Banna telah menyatakan sikap dan kewajiban seorang akh yaitu: “Sudah semestinya seorang akh memutuskan hubungan dengan pengadilan-pengadilan negeri dan selu¬ruh lembaga-lembaga peradilan non-Islam lainnya” .
No comments:
Post a Comment
silakan komen dan beri pandangan anda untuk kebaikan semua!!